Friday, April 20, 2012

Provider Jasa Outing Company

Provider Jasa Outing Company Yogyakarta
Outing bisa menyenangkan, bisa juga menjadi beban bagi pesertanya—yang umumnya para pegawai. Bagaimana kiatnya agar acara outing dapat berjalan sukses? Ikuti paparan Sukma Mentari


Tidak semua perusahaan bisa menjalankan sebuah kegiatan outing dengan sukses. Terkadang, persiapan yang kurang matang, jadwal acara yang terlalu padat, dan kurangnya kerja sama antarpegawai bisa membuat acara ini malah jadi berantakan. Jadi, kuncinya memang perencanaan yang matang! Tapi, jika perusahaan Anda malas mengadakan outing sendiri karena dianggap merepotkan, gunakan saja layanan biro travel atau outing organizer.

Kebersamaan
Nah, ada kalanya pegawai Anda mengeluh lantaran perusahaan tidak pernah mengadakan acara ‘senang-senang’ ke luar kota. Sebenarnya perusahaan ingin memberikan yang terbaik bagi pegawainya. Tetapi, kadang acara piknik bersama ini tidak selalu bisa dilakukan. Padahal, acara santai di luar kantor yang melibatkan pegawai memang sangat dibutuhkan. Bukan saja sebagai hiburan, tapi juga membina kebersamaan dan keharmonisan di lingkungan kerja.

Kenyataannya, rutinitas dan beban kerja yang berat bisa mengakibatkan stres para pegawai. Belum lagi masalah-masalah internal atau eksternal yang dihadapi sesama pegawai. Ketegangan dengan bos maupun bawahan bisa membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman dan akhirnya mempengaruhi proses bekerja. Salah satu alternatif untuk menjaga dan menambah keharmonisasian kerja para pegawai ini adalah melalui program outing.

How do we do it?
Saat ini, ada banyak vendor outing yang menyediakan jasa menyelenggarakan kegiatan outing. Semua kebutuhan outing perusahaan Anda bisa dipenuhi oleh vendor-vendor ini. Anda hanya perlu menyiapkan waktu, peserta, dan dana.

Kalau yang Anda inginkan adalah outing senang-senang, Anda tidak perlu memikirkan acara outing yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan, seperti team building. Dengan demikian, budget Anda pun dapat lebih diminimalkan lagi. Jika telah menentukan acara senang-senang, buatlah list mengenai kegiatan yang memungkinkan. Banyak perusahaan yang membuat jadwal outing berbentuk rekreasi bersama ke Bandung, Bali, Yogyakarta, atau Ancol.

Nah, kalau perusahaan Anda ingin membuat acara outing yang memiliki sisi positif dan encouraging bagi pegawai, Anda bisa mencari jasa vendor dengan program team building (kerja sama kelompok), leadership (kepemimpinan), atau self confidence (kepercayaan diri). Biasanya, program seperti ini telah dilengkapi berbagai kegiatan yang dapat memotivasi peserta.

Ada beberapa perusahaan yang tertarik untuk menggunakan cara semi militer untuk acara outing-nya. Nah, jika Anda tertarik dengan gaya ini, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal. Secara fisik, sudah pasti acara outing akan banyak memakan tenaga fisik. Outing dengan cara ini mungkin baik bagi perusahaan yang menginginkan kedisiplinan bagi pegawainya. Kegiatan yang digelar biasanya meliputi jurit malam, menaiki jaring, flying fox, dan sebagainya. Tetapi, selain menguras tenaga, acara ini harus diselingi games. Jadi, tidak hanya terjebak dalam rutinitas fisik saja.

Buat sesuatu yang menarik
Revalina, seorang pegawai di perusahaan minyak mengatakan bahwa dalam setahun kantornya dapat melakukan outing hingga dua kali. Jenis outing-nya pun berbeda-beda. Suatu kali bos besarnya memberi kejutan dengan mengajak seisi kantor untuk naik gunung. Di lain kesempatan, sang bos mengajak seluruh pegawai pergi ke Bandung untuk rekreasi sekaligus shopping bersama. Terakhir, mereka sempat melakukan outing dengan gaya team building. Hebatnya, seluruh acara outing tidak pernah direncanakan oleh pihak luar, tetapi dilakukan oleh pegawai perusahaan itu sendiri.

Menurut Revalina, selama mengikuti outing ia tidak pernah merasa kecewa dengan pilihan sang bos. Sebab, mereka selalu mendapatkan pelayanan yang menyenangkan, dari makanan yang lezat, tempat menginap yang nyaman, serta acara yang tidak membosankan.

Lain halnya dengan Dicky R., seorang executive di jasa kesehatan. Setiap tahun, perusahaannya selalu membuat acara outing yang sifatnya lebih rekreasi. Hal ini dilakukan karena banyak sekali pegawai yang tidak selalu sempat bepergian ke tempat rekreasi sambil membawa keluarganya. Adapun untuk level manajerial, perusahaannya memberi rewards berbeda dengan menerbangkan para staf berprestasi outing ke luar kota.

Manfaat outing
Ayu, seorang staf jasa outbound mengatakan bahwa terkadang perusahaan tidak selalu bisa melihat manfaat dari outing. Beberapa di antaranya bahkan tidak melihat efeknya sama sekali terhadap perusahaan.

Menurut Ayu, outing bisa memberi manfaat jika setiap individu atau perusahaan memang mewujudkannya. Beberapa perusahaan yang telah mengikuti pelatihan team building atau pelatihan lainnya memang melihat dampak positif dari kegiatan itu.

Jika perusahaan Anda salah satunya, silakan adakan kegiatan ini sebagai acara kebersamaan dan kekompakan yang tentu saja tidak merugikan. Selama setiap individu enjoy saat outing berlangsung, dijamin tidak ada komentar-komentar sengit mengenai acara outing yang ‘basi’.

Do’s
1. Tentukan tujuan. Jika sudah menentukan tujuan, akan lebih mudah untuk merencanakan yang lainnya. Dengan budget besar misalnya, Anda dapat memilih Bali sebagai tempat outing. Bali terkenal dengan berbagai kegiatan outdoor dan olahraga airnya.

2. Tentukan waktu outing. Kalau Anda berniat pergi ke luar kota, seperti Bali, sebaiknya waktu outing diadakan selama tiga hari. Tetapi, jika hanya pergi ke tempat yang jarak tempuhnya dua-tiga jam saja, dua hari sudah cukup.

3. Persiapkan tema. Dengan memiliki tema, panitia dapat lebih mudah merencanakan acara, terutama untuk games.

4. Bentuk panitia. Panitia yang solid tentu bisa membuat acara outing lebih sukses lagi. Pastikan panitia yang terpilih dapat diandalkan dan siap untuk mempersiapkan segala ‘printilan’ yang sudah pasti muncul sepanjang outing.

5. Tentukan budget. Selain berhubungan dengan uang perusahaan, budget juga memiliki efek terhadap tujuan dan rencana acara.

6. Buatlah games yang menarik. Games bisa membuat acara outing Anda menjadi menarik atau hancur berantakan. Coba untuk brainstorming dengan beberapa orang untuk mendapatkan permainan yang menarik.

7. Hadiah. Hadiah yang menarik dan bermanfaat tentu dapat memberi kenangan bagi peserta. Ajaklah klien dan supplier yang memiliki hubungan baik untuk berpartisipasi. Tentukan hadiah yang dibutuhkan dan berikan list-nya kepada klien serta supplier.

8. Absen peserta. Jangan biarkan peserta bepergian tanpa izin agar mereka tidak membuat program lain tanpa sepengetahuan panitia.






Don’ts
1. Menyewa vendor atau jasa travel tanpa mengetahui kegiatan yang pernah mereka lakukan.
2. Menyewa tempat tanpa mengirim tim survei terlebih dahulu.
3. Membuat training dadakan atau meng-update pekerjaan berat saat outing.
4. Susunan acara yang berat dan membosankan. Hal ini akan membuat peserta merasa bosan dan tidak enjoy.

Tips
1. Biaya akomodasi, transportasi, dan makan biasanya mengambil porsi budget terbesar dalam alokasi biaya. Jadi, usahakan mencari akomodasi yang tidak hanya memberi diskon, tetapi nyaman. Cari pula akomodasi yang menyediakan breakfast untuk mengurangi biaya makan.

2. Budget yang tersisa dapat dialokasikan untuk tur, transportasi darat, atau mengunjungi tempat rekreasi. Jika Anda bepergian ke Bali misalnya, Anda bisa mendapat kesempatan untuk menaiki kapal Quicksilver. Selain jalan-jalan, Anda juga tidak pusing memikirkan aktivitas untuk dilakukan. Sebab, paket Quicksilver biasanya sudah meliputi kegiatan dan makan.

3. Pilihlah jasa travel yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Jadi, Anda tidak kelimpungan saat mengalami ‘sesuatu’ pada saat acara berlangsung. Pastikan juga untuk memakai jasa travel lokal. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan mereka untuk dealing dengan transportasi lokal yang harganya terkadang tidak murah.

4. Tim survei sebaiknya hadir ke tempat outing 1-2 hari sebelum hari H untuk memastikan akomodasi, restoran, transportasi. Selain itu, tim survei juga harus mengecek lokasi games jika lokasinya berpindah-pindah.

5. Walaupun tujuan utamanya kebersamaan, tidak ada salahnya jika Anda menyelipkan acara bebas bagi peserta. Apalagi, jika kegiatan ini dilakukan di kota lain. Sehingga, mereka memiliki kesempatan untuk berjalan-jalan sendiri. 


source: talenta outing

Hubungi Kami Untuk mendapatkan penawaran Outing Company

Judul: Provider Jasa Outing Company
Ditulis oleh Nabz Outbound
Rating Blog 4.5 dari 5

0 comments:

Post a Comment