Saturday, April 7, 2012

Beda OUTING dan OUTBOUND Nabz Outbound Jogja

Beda OUTING dan OUTBOUND Nabz Outbound Jogja

Bagi perusahaan yang sudah mapan dan sehat biasanya setiap tahun sudah dianggarkan dana untuk kegiatan outing (rekreasi) atau pelatihan outbound (rekreasi edukatif).
Berikut perbedaan antara program outing dan program outbound sebagai berikut:
  • Program outing diartikan sebagai kegiatan rekreasi bersama, misalnya seluruh karyawan salah satu perusahaan di Jakarta bersama ke puncak, menginap di Hotel / Villa , makan malam bersama setelah itu acara bebas, kegiatan misalnya dugem atau bakar jagung, dll pokoknya bebas, besok siangnya langsung pulang ke Jakarta.
  • program outbound diartikan sebagai kegiatan rekreasi bersama tapi mempunyai tujuan tertentu yang bersifat edukatif, inspiratif, motivatif, dll tergantung visi yang akan dicapai dari program kegiatan pelatihan outbound tersebut, memang ada kegiatan bebasnya tapi biasanya keseluruhan acara sudah terjadwal. Lagipula biasanya ada provider outbound yang akan menjadikan sebuah outbound terfokus.
Program outbound itu sendiri bisa dibagi menjadi dua yaitu “ Fun Outbound ” dan “ Outbound Training ”. Pada dasarnya kegiatan outbound mencakup beberapa hal: Self Development, Team building , communication, leadership, team work dll. Begitu juga dengan ruang lingkupnya, ada yang indoor & outdoor training.

Program Fun outbound biasanya diisi dengan kegiatan outbound yang sifatnya “ soft game ” misalnya di lapangan terbuka (outdoor training), hall , jenis permainannya tidak menggunakan unsur fisik dan tantangan fisik yang terlalu besar , games outbound biasanya yang lucu-lucu dan fun. Ini cocok untuk peserta yang sebagian besar usianya diatas 40 tahun.

Program Outbound Training biasanya memerlukan unsur fisik dan tantangan fisik yang lebih besar dengan fasilitas minim seperti tidur di tenda atau lainnya , prinsipnya menyatu dengan alam setempat dengan tantangan tantangan yang lebih besar seperti Survival games, adventure, jungle survival, hiking dll. Peserta harus siap dan komit terhadap situasi tersebut serba minim dan penuh tantangan alam.
Namun yang lebih penting dari itu adalah, pada kegiatan Outbound Training, dibutuhkan pengajar / instruktur yang memang benar – benar menguasai materi serta kehadiran psikolog sebagai observer kegiatan. Hal ini berkaitan dengan pembahasan kegiatan tiap kali peserta menyelesaikan sebuah simulasi serta hasil akhir kegiatan yang akan dirasakan oleh tiap peserta.

Judul: Beda OUTING dan OUTBOUND Nabz Outbound Jogja
Ditulis oleh Nabz Outbound
Rating Blog 4.5 dari 5

0 comments:

Post a Comment