Friday, June 29, 2012

Outbound Jogja - Outbound Yogyakarta

Outbound di Jogja. YOGYAKARTA (sering juga disebut Jogja, Yogya, atau Jogya) terletak di tengah Pulau Jawa - Indonesia, tempat segalanya masih murah. Anda sudah bisa menginap, menyantap masakan tradisional yang terkenal, dan menyewa motor untuk menjelajahi pantai-pantai yang masih perawan dan candi-candi kuno berusia ribuan tahun.

Outbound Management Training adalah metode pelatihan untuk meningkatkan performa organisasi melalui pembelajaran dan pengalaman. Program-program yang diadakan seringkali mengacu kepada pelatihan melalui petualangan dan pengembangan manajemen outdoor (di luar kelas).

Wisata di Jogja belum lengkap rasanya tanpa mencoba paket wisata Outbound kami. Dengan unsur perpaduan alam dan berbagai fasilitas permainan outbound serta desa wisata, kami menawarkan paket Outbound Management Training yang pantas anda coba.

Yogyakarta is famous as one of the main tourist destinations in Indonesia. A great number of officials, including country leaders, and tourists have already visited Yogyakarta. Whenever one mentions Yogyakarta, the idea of various tourist attractions will come to his mind; The great Sultan's Palace, Parangtritis Beach, Borobudur and Prambanan Temples, Merapi Volcano as well as the performing arts like Ramayana Ballet and Wayang Kulit.

The cultural colour of Yogyakarta is still obvious because of the temples, traditional buildings, various cultural activities, and a number of famous artists. This is accentuated by the presence of living tradition and everyday life of Yogyakarta community which is art loving and hospitable.

Yogyakarta is ready to host more visitors who are eager to enjoy its enchanting nature and culture by providing tourist facilities, attractions, guides, and other services. Your visit to Yogyakarta will be welcomed warmly.

Judul: Outbound Jogja - Outbound Yogyakarta
Ditulis oleh Nabz Outbound
Rating Blog 4.5 dari 5

Monday, June 11, 2012

Goa Pindul Outbound , Outbound di Goa Pindul Gunung Kidul


CAVE TUBING GOA PINDUL, Enjoying the Beautiful Inside of Pindul Cave
Outbound Goa Pindul, Outbound di Goa Pindul Gunung Kidul. It is located in Gunung Kidul. Pindul Cave offers a set of interesting natural scenery and unique traveling experience. This cave provides a different style of enjoying activity. Especially, when you are laying on a set of tubes, you can enjoy drifting along the Pindul River underground with its unique caves. It filled with a cluster of bats, the magnificient stalactites within. You are trying cave tubing now.

Cave tubing is a combination of rafting and caving by using a rubber tube. You enjoy the trips by lay inside a set of tubes and following the drift of the underground river. Cave tubing is perfect for those who love adventure traveling.

Cave Tubing can be done on a personal basis or in groups. The activity itself is relatively safe and can be enjoyed by anyone from any different age groups. Expert and experienced instructors are ready anytime to guide the participants through the journey, complete with safety equipments such as safety helmets, rubber tubes, head lamp, and safety jacket for one to wear.

Tubing Goa Pindul
Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh sekitar 45 menit.

Cavetubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cavetubing adalah kegiatan menyusuri gua
menggunakan ban dalam. Karena aliran air di Gua Pindul ini tenang maka melakukan cavetubing di Gua Pindul ini juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil pernah.

wisatawan memasuki mulut goa

Ditengah Gua, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya
yang warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Lubang diatas gua inilah dimana seringkali  digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR atau latihan.

Saat anda melakukan susur gua di Gua Pindul ini, anda akan menemukan sebuah stala
gtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa(Soko Guru).
Stalaktit terbesar ke 4 di dunia
Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan mempunyai peringkat no 4 di dunia. Stalagtit putting yg masih aktif siap menanti anda dengan tetesan airnya yang konon bisa bikin cantik n’ awet muda, bagi yg lelaki untuk menambah vitalitas telah ditunggu stalagtit jantan, anda cukup memegang aja udah terasa bedannya…tenane’ lek…. Bagi adik-adik di zona terang bisa berenang, lompat indah sambil lihat ikan cukup besar yg memamerkan keindahan tubuhnya.Ada juga Stalagmit dan stalagtit yang menyatu, menjadi yang terbesar ke-4 di dunia, butuh 5 orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja. Besar ditengah-tengah Goa yang katanya sebagai tiang Goa.Keindahan semakin lengkap dengan adanya ornamen disepanjang dinding Goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Mata kristal Kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa. Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air didinding Goa.


Anda bisa menikmati wisata alam sekaligus berkegiatan outbound yang penuh muatan training bersama kami. Sangat kompatibel untuk berbagai rombongan seperti Gathering, Organisasi, Instansi Swasta maupun Pemerintahan.




Lobang di atap goa


pintu masuk view dari dalam

view pintu keluar
Source: TourJogja & Wira wisata

Judul: Goa Pindul Outbound , Outbound di Goa Pindul Gunung Kidul
Ditulis oleh Nabz Outbound
Rating Blog 4.5 dari 5

Thursday, June 7, 2012

Games untuk Outbond-Macam-macam Daftar Contoh Permainan Outbound Games

Games untuk Outbond, Macam-macam Daftar Contoh Permainan Outbound Games 
Berikut kami sajikan beberapa jenis permainan outbound team building. Menyenangkan, Penuh Hikmah, Sangat memotivasi dan bisa menginspirasi buat anda. Kami selalu berusaha menciptakan games-games outbound baru, baik yang bersifat low impact, middle impact maupun high impact. Mudah-mudahan bisa menginspirasi anda semua.

1. Blind Leader, 2. Pipa Bocor, 3. Evakuasi Bambu

4. Folding Karpet, 5. Trush Fall, 6. Human Ladder

7. Hell Barier, 8. Titanic (kapal tenggelam), 9. SOLO

10. Birthday Line Up, 11. Jembatan Birma, 12. Flying Fox

13. Escape From The Island, 14. Volley Ballon

15. Hunter My Name, 16. Mencari Harta Karun

17. Time Bomb, 18. Spider`s Web, 19. Air Bridge

20. Crocodille River, 21. Bangun Rakit, 22. All Stand Up

23. Hollahop berpindah, 24. Frantic Balloon, 25. Ball Tossing

26. Toxic Waste, 27. Almost infinite circle

28. Tupai dan Pemburu, 29. Game Arung Jeram

30. Scorpion, 31. Stik Goyang, 32. Ball Estafet

33. The Opposite, 34. Water Estafet, 35. Kereta Terpanjang

36. Piring Keseimbangan, 37. Meteor Garden

38. Mengurai Benang Kusut, 39. Menara Manusia

40. Pindah Kursi, 41. Do You Love Me?, 42. Water War

43. Bangun Kastil, 44. Ring Berpindah, 45. This Is My Chair

46. Pipa Air, 47. Mutiara Dalam Kerang, 48. Ball Train

49. Telur Sakti, 50. My Pencil, 51. Find Your Family

52. Get Our Dream, 53. Two Line Bridge

54. Changing name, 55. Menjahit Manusia

56. Riddle, 57. Tusuk Ballon, 58. Tiup Balon

59. Mini labirin, 60. Perang Balon, 61. Caterpillar Race

62. Fashion Show, 63. Roda Manusia

64. Kentang dan sedotan, 65. Blind Train

66. Impossible Castle, 67. Lifting Water,   68. Glove Racing

69. Satu Tujuan,  70. Stepping Carpets, 71. Flying Eggs

72. Sirkuit Yang Kelebihan Beban, 73. Straw Castle

74. Lifting Water Together, 75. Karapan Sapi

76. Polisi dan Penjahat, 77. Susun Cerita

78. Game Topi Rimba, 79. Tali Kusut, 80. Pindah Kalung Tali,

81. Intelegensia Leader, 82. Berlindung Dalam Lingkaran

83. Berjalan di atas api, 84. Exellent Flag, 85. Find The Ball

86. Soulmate,  87. RELAY,  88. Terlalu Banyak Solusi??

89. Mesin Manusia, 90. Pesan berantai



Masih banyak lagi permainan-permainan populer yang biasa dimainkan dalam suatu kegiatan outbound training.
source: Team Kreativitas Executive adventure outboun

Judul: Games untuk Outbond-Macam-macam Daftar Contoh Permainan Outbound Games
Ditulis oleh Nabz Outbound
Rating Blog 4.5 dari 5

Tuesday, June 5, 2012

Fire Walking, Trik n Tips Berjalan di atas api

Fire Walking merupakan salah satu game Outbound untuk tantangan diri..
  1. Banyak orang yang kakinya terbakar karena mereka berjalan terlalu lama sehingga memungkinkan konduktivitas termal arang naik.
  2. Berlari (bukan berjalan) di atas bara api meningkatkan risiko terbakarnya bagian atas kaki, karena berlari akan menekan kaki lebih dalam kepada bara api.
  3. Adanya benda asing pada arang juga dapat menyebabkan kaki terbakar. Berhati-hatilah terhadap logam karena tingginya konduktivitas termal yang dimilikinya.
  4. Arang yang belum cukup lama terbakar akan meningkatkan risiko terbakarnya kaki, karena arang tersebut masih mengandung air yang memiliki kalor jenis dan konduktivitas termal yang tinggi. Pastikan air pada kayu yang dibakar telah menguap seluruhnya sebelum kegiatan firewalking dimulai. 
  5.  .
     
    Agar berjalan di atas api tetap menantang namun aman, berikut adalah tips-tips yang dapat dipraktikan :
  1. Belajarlah kepada ahlinya, yaitu instruktur firewalking.
  2. Tontonlah video mengenai cara melakukan firewalking. Video semacam ini dapat dengan mudah didapat di YouTube. Dengan menonton video ini, Anda dapat melihat bagaimana pengalaman mereka dan bagaimana mereka mampu melewatinya.
  3. Jika ini adalah pengalaman pertama Anda melakukan firewalking, sebaiknya ada yang menemani Anda untuk berjaga-jaga jika Anda sampai terluka.
  4. Pilih area yang akan Anda lewati selama firewalking. Penuhi area tersebut dengan pasir.
  5. Jika terdapat titik api di dekat area tersebut, tunggu hingga warna baranya merah menyala.
  6. Setelah warna baranya merah menyala, gunakan sekop untuk menyebarkan bara tersebut di area yang akan Anda lewati. Sebarkan dengan hati-hati.
  7. Fokuskan pikiran Anda dan yakinkan diri Anda bahwa Anda pasti bisa. Mulailah berjalan di atas bara api.
Berjalanlah di atas bara dengan cepat, namun jangan berlari. Berlari akan membuat kaki Anda masuk lebih dalam ke bara api dan akan membuat Anda merasakan sakit.

Judul: Fire Walking, Trik n Tips Berjalan di atas api
Ditulis oleh Nabz Outbound
Rating Blog 4.5 dari 5

Sunday, June 3, 2012

Manfaat Outbound, Apa Manfaat Outbound?

Sebenarnya mengapa kita perlu melakukan aktifitas outbound, apa manfaatnya??
Kami adalah provider outbound dari kota Jogja.
Outbound Jogja, Outbound Yogyakarta, Outbound di Jogjakarta, Outbound di Yogyakarta, Provider Outbound Jogja. Outbound Manajemen Training Jogja, OutBound Training Jogja, Kids Outbound Yogyakarta, Family Gathering, Fun Games dan Outing Company Jogja.

Secara umum manfaat kegiatan outbound dapat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan interpersonal maupun intrapersonal peserta outbound. Karena memang dalam aktivitas outbound tantangan yang dihadapi selalu memaksa setipa peserta untuk mengukur diri atau bercermin tentang kemampuan fisiknya, keyakinan mentalnya dan kecerdasan berpikirnya.
Manfaat outbound secara umum :

Manfaat psikologis
Pelaksanaan outbound selalu dilaksanakan dengan aktifitas petualangan di alam terbuka, maka ciri utamanya : adanya resiko yang nyata dalam kegiatan, tantangan yang ada bukan merupakan aktifitas yang dilakukan oleh orang umum, dan kegiatan outbound mengandung ketidakpastian yang tinggi.
Pengalaman yang didapat dalam kegiatan outbound :
- Pengalaman menghadapi tantangan yang beresiko
- Pengalaman mengelola takut yang bergejolak
- Pengalaman mengendalikan stress dalam diri
- Pengalaman mengukur kemampuan diri
- Pengalaman menumbuhkan keberanian mencoba sesuatu yang baru
- Pengalaman mendapatkan keberhasilan melewati tantangan
Pengalaman diatas akan terekam dan teringat dipikirannya dalam rentang waktu yang lama dan berdampak positif secara psikologis, antara lain :
- Menumbuhkan rasa percaya diri
- Meningkatkan pemahaman tentang konsep diri
- Meningkatkan harga diri (Self efficacy)
- Meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru
- Meningkatkan keberanian untuk menguji kemampuan diri
- Memberikan sensasi positif saat mencoba hal baru

Manfaat sosiologis
Pelaksanaan outbound selalu melibatkan beberapa orang atau kelompok. Sehingga ada pengalaman berinteraksi dengan orang lain dalam menghadapi tantangan yang sama, pengalaman itu antara lain:
- Pengalaman dibantu teman saat dalam kesulitan
- Pengalaman berkomunikasi dengan teman baru
- Pengalaman saat harus berbagi dengan teman lain
- Pengalaman harus bekerja secara kelompok
- Pengalaman saat mendapat apresiasi positif dari teman
- Pengalaman saat mendapat dukungan dari teman
- Pengalaman saat mendapat msukan dari teman
Pengalaman – pengalaman diatas berdampak sosiologis, antara lain :
- Mengembangkan sikap peduli pada orang lain
- Mengembangkan kemampuan komunikasi
- Mengembangkan rasa memiliki
- Mengembangkan kemapuan untuk memberi umpan balik positif
- Mengembangkan kemampuan untuk membangun persahabatan
- Mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan diri

Manfaat edukasional
Pelaksanaan outbound yang bebasis alam akan dijadikan media implementasi pengetahuan teori yang di dapat pserta outbound, sehingga timbul pengalaman :
- Pengalaman menjaga kebersihan lingkungan bermain
- Pengalaman menanam pohon untuk menjaga kelestarian
- Pengalaman menyelesaikan masalah dalam permainan
- Pengalaman diskusi tentang perjalanan kegiatan outbound
- Pengalaman membuat perencanaan sebelum kegiatan
- Pengalaman presentasi akhir tentang hasil kegiatan
- Pengalaman refleksi tentang permainan
Pengalaman diatas meberi manfaat edukasional. yang meliputi ketrampilan dan pengetahuan dengan hal – hal berikut di bawah ini :
- Mengembangkan pengetahuan tentang pendidikan outdoor
- Meningkatkan pengetahuan tentang konservasi alam
- Meningkatkan kesadaran pentingnya daya dukung lingkungan dalam kehidupan
- Meningkatkan tanggungjawab dalam melestarikan lingkungan
- Mengembangkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah
- Mengembangkan penguasaan akademis
- Meningkatkan kesadaran dan klarifikasi nilai kehidupan
-
Manfaat phisikal
Pelakasanaan kegiatan diluar ruang dapat dipastikan memerlukan aktifitas fisik yang lebih besar, sehingga membewrikan rangsangan pembelajaran yang lebih optimal :
- Pengalaman menyelesaikan tantangan permainan tali
- Pengalaman menyelesaikan trekking
- Pengalaman menjaga kebugaran tubuh
- Pengalaman mengelola kelelahan tubuh
Dari pengalaman diatas, peserta diharapkan akan mendapatkan manfaat dan hasil positif dari kegiatan outbound, antara lain :
- Meningkatkan kesegaran jasmani
- Mengembangkan ketrampilan organ tubuh
- Mengembangkan kekuatan tubuh
- Melatuh kemampuan koordinasi gerak tubuh
- Memberikan porsi latihan tambahan
- Mengembangkan keseimbangan tubuh

Manfaat spiritual
Manusia diciptakan Allah dilengkapi dengan : AKAL QOLBU NAFSU. Akal, adalah materi organik yang berdaya logis. Materi bekerja untuk memilih, menganalisa, membandingkan informasi dari obyek nyata, kejadian, dan lain-lain. Secara umum fungsi dari akal adalah :
- Menggali pengetahuan dengan nalar
- Menyimpan pengetahuan
- Menyimpulkan hal yang belum diketahui dengan pengetahuannya
- Menggabungkan berbagai informasi menjadi informasi baru
Qolbu, merupakan materi organik yang berdaya emosi. materi ini bekerja meneruskan suara Ilahiyah (dari ruh), berpihak pada hal yang baik dan memutuskan untuk berprilaku. Fungsi qolbu :
- Menggali pengetahuan dengan daya cita rasa
- Menjadi pusat kesadaran moral
- Menjadi pusat kesabaran
- Menjadi pusat kekuatan dari Tuhan
Nafsu, komponen yang ada dalam diri manusia yang memiliki kekuatan untuk mendorong melakukan sesuatu atau tidak. Karena itu manusia selalu dalam pengaruh dan dorongan untuk melakukan sesuatu atau dorongan untuk menghindari sesuatu.
Contoh dorongan untuk melakukan sesuatu :
- Menjadi seorang yang berprestasi
- Menjadi seorang ketua
- Menjadi seorang yang terbaik
Contoh dorongan untuk menghindari sesuatu :
- Malas
- Boros
- Curang
- Tidak mau mematuhi peraturan
Kaitannya dengan aktifitas outbound, ketiga materi (AKAL NAFSU QOLBU) mempunyai peran berupa pengalaman :
- Muncul pengetahuan baru, pemahaman baru, ide atau inspirasi baru, dari hasil kerja akal. Contoh : Pemahaman tentang kenapa alam diciptakan untuk manusia ?
- Munculnya rasa keberanian, ketakutan, kasih sayang, kebencian, kegembiraan, contoh : Tumbuhnya rasa cinta dan peduli dengan alam sekitar
- Munculnya keinginan untuk berperan dalam menjaga kelestarian alam
- Munculnya keinginan untuk berperan mengurangi polusi yang merusak kelestarian alam sekitar
Dari pengalaman diatas, pesrta diharapkan akan mendapatkan manfaat secara spiritual dari hasil positif mengikutu kegiatan outbound, antara lain :
- Meningkatkan keinginan selalu berbuat sebaik mungkin pada diri sendiri maupun orang lain
- Meningkatakn sikap berani, tangguh dan pantang menyerah dalam menghadapi setiap masalah yang ada
- Selalu mempunyai kesadaran bahwa apapun kesuksesan yang didapatnya selalu karena atas keterlibatan dan kemurahan Tuhan
Outbound merupakan kegiatan yang berbasis petualangan di alam bebas dengan menunjang 3 aspek : cognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (tindakan), yang kemudian diharapkan akan memotivasi keberhasilan seseorang.
Keberhasilan seseorang ditentukan oleh :
- 45 % attitude (sikap / moral)
- 10 % knowledge (pengetahuan)
- 20 % practice (praktek)
- 25 % skill (ketrampilan)

Outbound sebagai metodologi akan berjalan efektif bila mengacu pada :
- perkembangan psikomotorik
- perkembangan intelektual
- perkembangan emosional
Dari manfaat outbound diatas akan berbeda tingkat hasil yang diperoleh, berikut diuraikan contoh fokus manfaat kegiatan outbound, sesuai dengan tingkatan atau klasifikasi, (John l. Luckner, (1997), Processing the experience Strategies to enchace and generalize learning)

Judul: Manfaat Outbound, Apa Manfaat Outbound?
Ditulis oleh Nabz Outbound
Rating Blog 4.5 dari 5